Minggu, 30 Juli 2017

Wakapolri Sebut Disiplin Harus Dibangun untuk Kurangi Kecelakaan


JAKARTA, Hot News Terupdate - Wakil Kapolri Komjen Pol Syafruddin mengatakan, penyebab tingkat kecelakaan tinggi karena kurangnya kesadaran masyarakat untuk displin berlalu lintas.

Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk menyadari risiko itu dengan mematuhi aturan dan rambu lalu lintas dengan baik.

"Keberhasilan, terutama dalam kecelakaan, pelanggaran dan kejadian lalu lintas, kita fokusnya membangun karakter para pengemudi dan masyarakat," ujar Syafruddin usai pembukaan Program Tahun Keselamatan Untuk Kemanusiaan 2017-2018 di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (30/7/2017).

Selain itu, infrastruktur juga perlu diperbaiki karena sarana prasarana yang mendukung bisa mengurangi kecelakaan. Kemudian, penanganan pasca kecelakaan harus dilakukan dengan cepat dan tepat.

"Ini untuk meminimalisasi. Kita tahu angka kecelakaan berkurang hingga 30 persen karena koordinasi," kata Syafruddin.


Dalam program tahun keselamatan, ditekankan sejumlah hal, antara lain meningkatkan kualitas fasilitas, penanganan korban kecelakaan, dan membangun budaya tertib lalu lintas.

Wakil Presiden Jusuf Kalla yang membuka acara ini berharap dengan adanya program tersebut, jajaran kepolisian bisa terus menekan angka kecelakaan dan korban kecelakaan fatal.

Ia juga mengapresiasi manajemen lalu lintas saat mudik Lebaran 2017 di mana tingkat kecelakaan menurun hingga 30 persen.

"Dengan perencanaan yang baik dapat mengurangi 30 persen kecelakaan. Sekitar 200 orang diselamatkan karena koordinasi dan perencanaan yang baik," kata Kalla.

Kalla mengatakan, mengatasi kecelakaan lalu lintas bukan hanya tanggung jawab kepolisian, tapi koordinasi dengan stakeholder terkait seperti Jasa Marga, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Rumah dan Pembangunan Rakyat, hingga Kementerian Kesehatan.

"Dan ingatkan masyarakat akan perlunya mendahulukan keselamatan di jalan raya. Karena korbannya bisa 25.000 orang pertahun," kata Kalla.

Sumber : Kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Android 8.0 Resmi Usung Nama Oreo

Hot News Terupdate : Google resmi mengumumkan versi terbaru dari sistem operasi mobile Android, dan mengungkap sejumlah informasi terkai...